bgpaymail

Sabtu, 03 Januari 2009

Syaikh Al-Allamah Abdurrazzaq Afifi

Kelahiran:
Dilahirkan di Shanshoor kota Ashmoon ibukota Manovia, Mesir, pada tahun 1323H.

Pendidikan:
Setelah menempuh pendidikan dasar dan menengah, beliau akhirnya mengikuti pendidikan tinggi hingga mendapatkan ijazah internasional pada tahun 1351H. Kemudian melanjutkan pada tingkat spesialis dengan mengambil jurusan Fiqh dan Ushul Fiqh hingga selesai. Seluruh pendidikan ini beliau tempuh di Mesir.

Profesi:

  1. Menjadi pengajar di Al-Ma'had Al-Ilmiah, di Azhar.

  2. Menjadi pengajar di Saudi Arabia pada tahun 1368/1949, tepatnya di Ma'had Darut Tauhid, kota Thaif.

  3. Menjadi pengajar di Ma'had Al-Ilmi, kota Unaizah sejak bulan Muharram 1370H.

  4. Pada bulan Syawwal 1375H, beliau pindah ke Riyadh dan mengajar di Ma'had Al-Ilmiah yang dikelola oleh Syaikh Muhammad ibn Ibrahim Al-Syaikh (Mufti KSA saat itu).

  5. Menjadi pengajar di dua jurusan: Syariah dan Bahasa.

  6. Menjadi Direktur/Rektor Ma'had Al-Aliiy li Al-Qadha. Tahun 1385H.

  7. Menjadi anggota Haiah Kirab Al-Ulama (Lembaga Ulama Senior), Kerajaan Saudi Arabia.


Beliau memiliki daya ingat yang sangat kuat, teliti, dan sangat mendalam dalam ilmu jiwa. Beliau dikaruniai kesungguhan yang sangat dalam menuntut ilmu walaupun di luar Al-Azhar. Sangat mendalam ilmunya dalam bahasa, ushul, aqaid, sunnah, dan fiqh, hingga ketika beliau sedang berbicara dalam ilmu-uilmu tersebut, orang menyangka bahwa beliau sangat pakar dalam masalah yang sedang dibicarakannya tersebut. Beliau meluangkan waktu untuk mempelajari berbagai sekte-sekte hingga para penuntut ilmu selalu mencari beliau jika berhubungan dengan masalah sekte-sekte. Beliau pernah mengetuai berbagai sidang tesis dan disertasi, tim penguji, pemateri tetap di berbagai masjid, dan tim penyelenggaraan haji.

Pendapat Para Ulama tentang Beliau
Syaikh Abdul Aziz ibn Baaz berkata: Aku kenal baik dengan Syaikh yang mulia Abdurrazzaq Afifi; beliau sangat tawadhu, mendalam ilmunya, memiliki kepribadian mulia, benar aqidahnya, dan sangat bersungguh-sungguh dalam beraktivitas; beliau termasuk ulama-ulama terbaik dalam aspek aqidah, da'wah, dan pengajaran; beliau lalui hal ini dalam lebih dari 50 tahun, semoga Allah melipatgandakan balasan kebaikannya, mengangkat derajatnya, serta menggantikan untuk kita orang-orang yang lebih baik agi dari beliau.

Syaikh Muhammad ibn Shalih Al-Utsaimin berkata:
Syaikh Abdurrazzaq Afifi adalah orang yang memiliki pemikiran kuat, banyak menelaah, lebih banyak diam kecuali jika apa yang akan diucapkannya lebih manfaat dan dicintai Allah, ilmunya sangat mendalam, bagus dalam pengajarannya, jelas ucapannya, beliaulah pemegang bendera kebenaran dan kesesuaian antara ucapan dan perbuatan. Aku doakan semoga Allah yang Maha Tinggi memberi beliau balasan dan keridhaan, serta semoga Allah mempertemukan kita dan semua orang yang beriman di surga-Nya yang tinggi kelak. Amiin.

Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani berkata:
Syaikh Abdurrazzaq Afifi adalah salah seorang ulama yang termulia, beliau berhias dengan perangai ahli ilmu, lembut kepada sesama, sangat faqih dalam agama, aku pernah berjumpa dengan beliau lebih dari sekali pada saat-saat ibadah haji, saya mendengarkan bagaimana beliau menjawab berbagai pertanyaan agama yang diajukan oleh para jemaah haji, maka aku lihat jawaban-jawaban beliau sangat jelas yang menunjukkan kedalaman dan kefaqihan ilmunya serta menunjukkan bahwa beliau mengikuti manhaj salaf, semoga Allah merahmatinya.

Syaikh Abdul Aziz Al-Syaikh berkata:
Beliau adalah salah seorang penghujung/pembesar para ulama yang Allah anugerahi kedalaman ilmu dan pengajaran serta perbaikan generasi ... Beliau sangat luas ilmunya, haditsnya, tafsir, fiqh, pokok-pokok agama, dan bahasa Arab. Melalui sebab tangan beliau, telah tercetak banyak tokoh Islam. Suatu hari beliau pernah mengisi kajian di masjid Syaikh Muhammad ibn Ibrahim dengan topik tafsir. Penjelasan beliau amat sangat memberikan manfaat, wejangan-wejangan beliau sangat kuat; Beliau sejak berada di Saudi Arabia, menjadi pengajar di Ma'had Darut Tauhid, kemudian pindah ke berbagai ma'had/sekolah tinggi, dan terakhir menjadi anggota Lajnah Da'imah untuk urusan penelitian Islam dan Fatwa, serta menjadi anggota Haiah Kibaril Ulama (Komite Ulama-Ulama Senior) ... Beliaulah, semoga Allah merahmatinya, contoh sebagai sosok ulama yang beramal dengan keilmuannya.

Syaikh Shalih Al-Sadlan berkata:
Andai aku memiliki satu untaian kata, maka untaian kata itu akan saya khususkan untuk guru saya, Syaikh Abdurrazzaq Afifi. Beliau telah memberiku pelajaran yang sangat banyak dalam berbagai strata keilmuan, baik ketika saya menempuh S-1 pada mata kuliah hadits dan ushuluddin, dan pada Ma'had Al-Aliy lil Qadha, beliau mengajar Ushul Tafsir dan mengajariku materi Fiqh pada tahun terakhirku di Ma'had tersebut ... Dan tidaklah seseorang duduk barang sebentar saja mendengarkan kajian ilmu beliau kecuali pasti ia akan mendulang faidah dan manfaat yang banyak, baik sisi ilmu, kesantunan, dan akhlaqnya. Aku sangat kenal beliau yang tidak suka pujian, lisannya sangat jelas jika berbicara, saya tidak melihat ada pengajar yang semisal beliau dalam mentransfer ilmu kepada penuntut ilmu, dan beliau sangat dicintai manusia, serta tidak pernah terbayangkan olehku ternyata kewafatan beliau dihadiri oleh orang yang sangat banyak dari berbagai kalangan.

Murid-Murid Beliau:
Adalah teramat sulit untuk mendata berapa dan siapa saja murid murid beliau, namun akan kami kemukakan sedikit saja semoga bisa menggambarkan:
1. Muhammad ibn Shalih Al-Utsaimin
2. Abdullah ibn Abdurrahman Al-Ghudayyan
3. Shalih ibn Fauzan Al-Fauzan
4. Shalih ibn Muhammad Al-Luhaidan
5. Abdullah ibn Jibrin
6. Abdul Aziz Al-Syaikh
7. Abdullah ibn Abdurrahman Al-Bassam
8. Abdullah ibn Hasan ibn Quud
9. Shalih ibn Abdurrahman Al-Athram
10. Rasyid ibn Khunain
11. Abdullah ibn Sulaiman ibn Manii'.

Sebagai catatan tambahan di sini, kami utarakan bahwa Syaikh Abdurrazzaq Afifi adalah Syaikh-nya para Masya'ikh. Semoga Allah merahmati beliau dan mengumpulkan kita bersamanya kelak di surga-Nya, amiin.

Wafatnya Beliau
Beliau wafat pada Kamis pagi, 25 Rabiul Awwal 1415H bertepatan dengan 1 September 1994, pada usia 90 tahun. Beliau dimakamkan di Riyadh selepas shalat Jum'at. Jabatan beliau terakhir adalah wakil ketua Dewan Fatwa Kerajaan Arab Saudi.

http://www.siwakz.net/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=45&artid=126

Tidak ada komentar:

Posting Komentar